Perilaku Konsumen
Minat Konsumen Terhadap
Mie Instan
Kelompok
:
Adilla
Puspa Eliani (10213202)
Emi
Puji Rahayu (12213895)
Rysda
S Wiradinata (18213169)
Savira
Salsabila (18213322)
Silvia
Wahyuni (18213493)
Trinita
Purnama Sari (18213988)
Fakultas
Ekonomi
Universitas
Gunadarma
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Di era globalisasi ini, pola
konsumsi masyarakat telah banyak dipengaruhi oleh gaya hidup. Masyarakat lebih
menggemari makanan cepat saji atau instan. Salah satu makanan cepat saji atau
instan itu adalah mie instan. Sebagian besar masyarakat menganggap mie instan
sebagai pengganti makanan pokok. Masyarakat lebih memilih mie instan
karena sifat mie instan yang praktis, mudah didapatkan, dan harga untuk produk
ini terjangkau oleh masyarakat.
Meningkatnya permintaan akan mie
instan membuat para produsen mie instan bersaing untuk meningkatkan kualitas
produknya. Beberapa produk mie instan yang sudah ada di pasaran antara lain
Indomie, Mie Sedap, dan sebagiannya. Indomie dan Mie Sedap selalu menjaga ketersediaan
produknya sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkan produknya baik di warung
kecil atau supermarket. Dari sisi harga, kedua produk mie instan memiki
harga yang relatif sama.
Oleh karena itu, kelompok kami
tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Indomie dan Mie Sedap untuk
mengetahui preferensi konsumen terhadap kedua produk tersebut.
BAB
II
PEMBAHASAN
No
|
Usia
|
Indomie
|
Mie Sedap
|
Alasan
|
|||
1
|
17-19tahun (3 orang)
|
> Harga terjangkau
|
> Harga terjangkau
|
> Produk mudah didapatkan
|
> Produk mudah didapatkan
|
||
> Packaging menarik
|
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
||
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
> Rekomendasi dari orang lain
|
||
> Rasa yang menarik
|
|||
> Kepercayaan terhadap merek
|
|||
2
|
20-22 tahun (10 orang)
|
> Harga terjangkau
|
> Harga terjangkau
|
> Produk mudah didapatkan
|
> Produk mudah didapatkan
|
||
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
||
> Rasa yang menarik
|
> Menjadi pengganti makanan primer
|
||
> Menjadi pengganti makanan primer
|
> Rekomendasi dari orang lain
|
||
3
|
23-25 tahun (2 orang )
|
> Harga terjangkau
|
> Harga terjangkau
|
> Produk mudah didapatkan
|
> Produk mudah didapatkan
|
||
> Packaging menarik
|
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
||
> Informasi mengenai produk mudah didapat
|
|||
> Rasa yang menarik
|
|||
> Kepercayaan terhadap merek
|
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari data yang kami kumpulkan
tentang kedua produk mie instan dapat disimpulkan bahwa kedua merek mie instan
tersebut sangat diminati oleh masyarakat. Namun, mie instan merek indomie lebih
unggul karena dari sisi packaging, Indomie memiliki packaging yang menarik dan
memiliki banyak varian rasa yang dapat menarik perhatian masyarakat sehingga
masyarakat memiliki kepercayaan untuk membeli produk mie instan merek indomie.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar