PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PASTA
GIGI PEPSODENT DAN CIPTADENT
Pasar
global dan persaingan usaha yang semakin kompetitif tersebut membawa dampak
yang besar dalam hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya.Sebagai contoh,
tuntutan konsumen makin besar, mereka tidak lagi sekedar menginginkan produk
atau jasa yang berkualitas dengan harga murah tetapi juga sangat mengharapkan
kecepatan penyampaian, fleksibilitas, dan layanan pelanggan (customer service)
yang unggul.Dalam membeli suatu produk, pelanggan selalu berupaya memaksimalkan
nilai (value) yang dirasakan di saat dia menghadapi berbagai macam pilihan
produk, merek, harga dan penjual. Konsumen akan memilih penawaran yang
memberikan nilai (customer delivered value) tertinggi dengan cost yang rendah
yang tentunya ada realitas kendala berupa biaya informasi, terbatasnya
pengetahuan, mobilitas dan pendapatan.
Konsumen
membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan berbagai keinginannya, oleh
karena itu penting bagi perusahaan untuk mempelajari bagaimana perilaku
konsumen tersebut dalam pengambilan keputusan belinya. Keinginan manusia yang
beraneka ragam, akan menimbulkan berbagai macam perilaku untuk memenuhinya.
Dalam keperluan untuk menjaga kesehatan gigi diperlukan berbagai macam produk
kesehatan antara lain sikat gigi, obat kumur dan pasta gigi..Dari banyaknya
merk pasta gigi yang beredar di masyarakat yang berkeinginan untuk dibeli
antara lain Close up, Ciptadent, Formula, Siwak F, Enzim, Ritadent, dan
Pepsodent.Dari sekian banyaknya merk pasta gigi tersebut di atas, saya
mengambil persaingan antara pasta gigi Pepsodent dan Ciptadent.
Pasta
gigi merupakan kebutuhan penting bagi tiap individu di segala segmen dan demografi,
maksud segmen demografi ialah dapat dilihat dari umur, jenis kelamin,
pendapatan, kebangsaan, agama dan tingkat pendidikan sehingga produksi produk
tersebut sangat tinggi setiap hari seiring dengan tingginya permintaan.
Kriteria produk pasta gigi yang diinginkan konsumen diantaranya mengandung
kandungan fluoride yang cukup, memiliki rasa segar, ekonomis, praktis, terkemas
dengan baik dan menarik. Produk Dental diproduksi untuk perawatan gigi dengan
beberapa merek Pepsodent, Close Up, Sparkle dan lain-lain.
Ketatnya
persaingan antara masing-masing perusahaan pasta gigi dapat dilihat dari
kegiatan promosi yang dilakukannya. Promosi yang dilakukan oleh beberapa
perusahaan antara lain melalui media elektronik seperti televisi dan radio atau
media cetak seperti koran, tabloid, dan majalah. Promosi yang dirasakan paling
menarik adalah iklan yang ditayangkan melalui televisi karena pemirsa bisa
melihat gambar, suara, gerak,dan produk yang dipromosikan, disamping itu
promosi melalui iklan di televisi mampu menjangkau masyarakat luas sampai ke
daerah pelosok, sekalipun bagi yang menyaksikannya. Masing-masing perusahaan
memperlihatkan keunggulan masing-masing, sehinga bisa menarik konsumen
sebanyak-banyaknya. Perilaku konsumenlah yang akan menyeleksi apakah produk
disukai atau tidak. Dan disini lah dapat dilihat suatu Proses Keputusan
Pembeli, yaitu Pengenalan masalah, Pencarian informasi, Mengevaluasi
alternatif, Keputusan pembelian, Evaluasi pasca pembelian, Setelah membeli
produk konsumen akan melalukan evaluasi, sesuai harapan/ tidak dan Terjadi
kepuasaan/ ketidakpuasan.
Penggolongan
Produk terbagi menjadi dua jenis, yaitu Produk Konsumen dan Produk
Industri.Apakah perbedaan keduanya?Produk Konsumen adalah produk yang dibeli
oleh konsumen akhir dimana biasanya digolongkan menurut kebiasaan belanja
konsumen. Produk Konsumen ini digolongkan menjadi 3 macam yaitu Produk
kebutuhan srehari-hari (Shampo, Sabun, Pasta gigi, Kebutuhan dapur dan
lain-lain), Produk belanja ( sayuran ) dan Produk yang tidak di cari ( baju,
air mineral dll). Sedangkan Produk Industri adalah Produk yang digunakan
melalui pemrosesan yang lebih jauh sehingga dapat diinginkan untuk melalukan
bisnis (bahan/suku cadang atau barang modal) Di lihat dari penggolongannya, pembahasannya
yang saya akan bahas masuk kedalam Produk Konsumen, Produk kebutuhan
sehari-hari yaitu Pasta Gigi Pepsodent dan
Pasta Gigi Ciptadent.
1.
PEPSODENT
PEPSODENT adalah
pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal
keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent
adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi
berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang
secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar
melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu
Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar
hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
Faktor Pendukung Penjualan Pepsodent
Saat ini pasta gigi yang beredar adalah
pepsodent, ritadent, ciptadent, close up, smile up, formula, maxim dan
lain-lain. Semakin banyak jenisnya menggambarkan semakin ketatnya
persaingan dalam dunia bisnis. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang
mendukung pasta gigi Pepsodent sehingga dapat diterima di masyarakat kota
hingga daerah terpencil:
A. KELENGKAPAN
1. Memberikan nilai tambahan dan inovasi
Pada
awal tahun 80an Pepsodent hanya berorientasi pada gigi lebih putih dan
sehat.Namun belakangan ini Pepsodent memberikan nilai lebih sebagai penguat
gigi.Nilai-nilai tambahan juga bisa kita temukan
dalam peningkatan produk yang dilakukan pepsodent.Pepsodent juga
terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang
produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya yakni dewasa dan anak-anak.Kemasan
Pepsodent dibuat dari plastik lentur dan tutup yang lebih adaptif setelah
sebelumnya dari aluminium dan tutup lepas.Rasanya dibagi sesuai dengan cita
rasa buah-buahan atau rasa mint.Selain itu warnanya disesuaikan dengan
warna-warna trendi, yakni putih dan hijau baik isi maupun kemasannya.Ukurannya
diatur dari kecil, sedang, hingga besar.Sehingga praktis mempengaruhi harga.
2. Menjalankan Produk yang Berkembang
Pepsodent
dikenal sebagai pasta gigi yang membuat gigi lebih putih lalu berkembang untuk
menguatkan gigi.Setelah itu, kemudian dilengkapi dengan baking soda, setelah
sebelumnya sukses dengan Pepsodent Zinc zitrate dan Triclosant.Beberapa tahun
sebelum sukses dengan nilai tambahan tersebut, telah sukses dengan Fluoride dan
Kalsium.
3. Brand Awarnes
Pepsodent
melakukan promosi dengan berbagai cara yaitu lewat televisi, membuat
acara-acara bertema pepsodent, bakti sosial yang bertujuan memasyarakatkan
pepsodent dan sebagainya. Promosi-promosi ini mampu menanamkan kepada konsumen
bahwa pepsodent merupakan pasta gigi yang bisa dipercaya.
B. HARGA
NO
|
NAMA BARANG
|
PER KARTON
|
PER PAK
|
ECERAN
|
BANYAKNYA
|
1
|
Pepsodent
25 gr
|
571.000
|
16.000
|
|
1
karton=36 pak
|
2
|
Pepsodent
75 gr
|
435.000
|
36.500
|
|
1
karton=12 pak
|
3
|
Pepsodent
120 gr
|
350.000
|
58.500
|
5.000
|
1
karton=6 pak
|
4
|
Pepsodent
190 gr
|
365.000
|
91.500
|
7.800
|
1
karton=4 pak
|
5
|
Pepsodent
Anak
|
143.700
|
48.000
|
|
1
karton=3 pak
|
6
|
Pepsodent
Herbal/White 75 gr
|
740.000
|
61.800
|
|
1
karton=12 pak
|
7
|
Pepsodent
Herbal 120 gr
|
574.500
|
96.000
|
8.300
|
1
karton=72 biji
|
8
|
Pepsodent
Herbal /White 190 gr
|
591.500
|
148.000
|
12.500
|
1
karton=48 biji
|
C. KUALITAS TERJAGA
Pepsodent
telah memenuhi standar kesehatan karena terdapat label halal pada kemasannya.
Jadi masyarakat yakin akan produk ini tidak membahayakan kesehatan dapat
digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Pada iklan bahwa pepsodent tergabung
dalam Ikatan Dokter Gigi Indonesia, maka bisa disimpulkan kualitas dari
pepsodent sangat memuaskan. Kualitas yang baik akan meningkatkan loyalitas dari
konsumen.
Faktor Penghambat Penjualan Pepsodent
Selain
terdapat faktor pendukung dari pasta gigi Pepsodent terdapat pula faktor
penghambat dari pasta gigi Pepsodent, yaitu dari segi harga pasta gigi
Pepsodent masih agak mahal jika dilihat dari kalangan menengah kebawah.Karena
masih ada produk pasta gigi lainnya yang lebih murah.
Kelebihan dan Kelemahan Pasta Gigi Pepsodent
A.
Strength/ Kelebihan
·
Brand pepsodent sudah lama di Indonesia
sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui kualitas dari
pepsodent. Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk
anak, whitening, herbal, hingga sensitive expert.Produk pepsodent mudah didapat
karena dijual di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
·
Harganya pun relatif terjangkau.
·
Pepsodent pun senantiasa bekerja sama
dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.
B.
Weakness/ Kelemahan
·
Promosi yang disuguhkan Pepsodent belakangan
ini terlalu singkat.
·
Iklan Pepsodent secara bergantian hanya
menampilan adegan menyikat gigi
ataupun mengetes
kekuatan gigi depan westafel dan cermin. Beberapa konsumen bosan dan
tidak dapat membedakan iklan Pepsodent yang terdiri dari beberapa jenis.
·
Untuk iklan Pepsodent sensitive expert,
terkesan meniru brand yang sudah lama mengusung dan mengincar pasar gigi
sensitive.
D.PACKAGING (PENGEMASAN)
Dalam kemasan produk
Pepsodent yang telah lama berada di pasar Indonesia sebenarnya memiliki sejarah
yang panjang tentang penciptaan desain kemasan, kemasan tersebut jika dianalisa
lebih jauh dalam perspektif visual, terdapat ruang yang berbeda antara desain
kemasan pepsodent yang lama dan yang baru. Ruang tersebut dapat dilihat dari
segi bahan maupun desain, dari segi bahan desain kemasan lebih menguatkan
bentuk kemasan dengan bahan plat yang memungkinkan di buat ulang penggunaannya,
sedangkan desain baru lebih memilih konsep yang ringan dan sekali buang, tanpa
memikirkan kegunaan kemasannya. Artinya secara branding, konsep kemasan pasta
gigi memiliki penekanan yang berbeda dalam segi komunikasinya untuk
mempengaruhi benak konsumen, kemasan yang awal mencitrakan kuat seperti citra
pasta gigi pepsodent karena masih sedikitnya iklan yang ditampilkan saat itu
sehingga citra kemasan harus mewakili produk, sedangkan citra kemasan yang baru
lebih simpel karena iklan sudah muncul sedemikian sering, sehingga peran
kemasan bergeser menjadi citra identitas dalam produk.
E. PENGALAMAN PRODUK
·
Masih tingginya tingkat penjualan dan
loyalitas konsumen terhadap Pepsodent membuatnya lebih unggul.
·
Threats Ada banyaknya pesaing yang juga
mulai berinovasi.
2.
CIPTADENT
CIPTADENT adalah
pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E
memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda.Hygie-Lite menjadikan
gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email
gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian
gigi hingga ke akarnya.Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di
gusi.
A.KELENGKAPAN
Faktor Pendukung Penjualan Ciptadent
Penerapan
strategi brand extention yang dilakukan oleh Ciptadent adalah sewaktu meluncurkan
sikat gigi. Sikat giginya secara tidak langsung akan berhadapan dengan merek
Jordan, Oral-B, Formula, Pepsodent dan sebagainya.
Bagi perusahaan terkait, penggunaan konsep ini dalam peluncuran produk baru jelas mengharapkan merek yang sudah terkenal dapat mendorong penjualan, sehingga konsumen tidak merasa asing lagi dengan produk yang baru ditawarkan tersebut. Pertimbangan lain adalah bahwa perusahaan merasa bisa mendapatkan keuntungan dari adanya ikatan emosional yang telah terbentuk antara merek induk dengan perluasannya sehingga inventasi yang dibutuhkan untuk perluasan merek bisa lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan merek yang baru.
Salah
satu strategi promosi Ciptadent juga dengan memberikan beasiswa kepada pelajar.Beasiswa
ini ditujukan bagi mereka yang masih duduk di bangku SD dan juga SMP.Ciptadent
turut membantu anak bangsa yang kurang mampu untuk menelan pendidikan di bangku
sekolah.Kampanye beasiswa ini mengajak kita untuk menggunakan Ciptadent dan
menyisihkannya untuk beasiswa.
Iklan
Ciptadent Ciptadent baru-baru ini mengubah kemasannya menjadi lebih berkilau
dan terkesan mewah dari sebelumnya. Ciptadent pun mengusung konsep iklan dengan
gaya popular. Menggunakan seorang model cantik yang tampil sangat percaya diri
dengan warna giginya yang putih dan bersih.
Faktor Penghambat Penjualan Ciptadent
Strategi
brand extention juga membawa efek negatif dengan memungkinan suatu merek akan
kehilangan positioning, sehingga ada peluang besar untuk terjadinya Brand
dilution, yakni konsumen tidak lagi memiliki preferensi terhadap produk yang
dimiliki semula atau dalam kata lain produk baru gagal dan mencederai penjualan
yang sudah ada. Di mana ini dapat membuka kesempatan emas bagi pesaing-pesaing
yang tanggap dan lebih inovatif.
Semakin
luasnya pangsa pasar industri sikat gigi untuk terus mengembangkan segala aspek
yang ditawarkan, tidak cukup dengan meningkatkan kualitas produk saja namun
sikat gigi Ciptadent harus mampu memanjakan para konsumennya dengan menciptakan
value yang lebih untuk mempertahankan para konsumennya dengan menawarkan
kenyamanan dan manfaat yang sesuai dengan keinginan konsumen salah satunya
dengan melakukan perluasan merek.
Pada
suatu kondisi dapat saja produk baru yang menggunakan strategi perluasan merek
gagal meningkatkan bahkan mempertahankan citranya. Hal ini disebabkan bahwa
dengan dilakukannya strategi perluasan merek, maka akan muncul persepsi baru
mengenai merek tersebut di benak konsumen. Hal ini menyebabkan strategi ini
menjadi bias dan tidak focus dan produk tersebut kehilangtan positioningnya
yang sudah ada, sehingga terjadi penurunan citra produk. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menganalisis pengaruh Sikap brand extention terhadap Citra
Merek Pada Sikat Gigi Ciptadent.
B.HARGA
No
|
Nama
Barang
|
Per
Karton
|
Per Pak
|
Eceran
|
Banyaknya
|
1
|
Ciptadent
30 gr
|
|
12.300
|
|
|
2
|
Ciptadent
75 gr
|
182.500
|
30.800
|
|
1
karton=6 pak
|
3
|
Ciptadent
120 gr
|
|
50.500
|
4.400
|
1
pak=12 biji
|
4
|
Ciptadent
190 gr
|
|
77.200
|
6.600
|
1
pak=12 biji
|
C. KUALITAS
Strength/ Kelebihan
·
Brand Ciptadent kini hadir dengan kemasan
yang mudah di ingat.
·
Harganya pun relatif terjangkau.
·
Ciptadent pun mulai berinovasi dan
memperbanyak promosi di media.
·
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g,
80g, 130g, dan 200g.
·
Di samping mengembangkan produk content
sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan
inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya
sesuai dengan segmentasi pasarnyaorang dewasa dan anak-anak.
D.PACKAGING
(Pengemasan dan Pelabelan)
Pengemasan
atau Kemasan adalah kegiatan yang dulakukan suatu perusahaan dimana terdiri
dari kegiatan pembungkusan satu produk.Tujuannya untuk melindungi produk
tersebut, menarik konsumen, membedakan antara produk yang satu dengan yang
lain, memberikan image suatu perusahaan terhadap merk tersebut.
Pelabelan
adalah informasi produsen terhadap suatu produk yang berupa tempelan sederhana
pada produk atau gambar yang dirancang.Tujuannya untuk mempromosikan produk,
Menjelaskan suatu produk, menentukan kelas produk, Mengidentifikasikan
produk/merk. Label diwajibkan mencantumkan Tanggal kadaluarsa, Komposisi, Cara
penggunaan, Presentasi dari bahan utama, Nama merk, Nama perusahaan dan Alamat
perusahaan.
E. PENGALAMAN PRODUK
Konsumen
mulai beralih karena ketertarikannya terhadap kemasan baru Ciptadent.
Threads .Di bandingkan Pepsodent, Ciptadent lebih lambat dalam mengeluarkan inovasi dan variasi terbarunya.
Threads .Di bandingkan Pepsodent, Ciptadent lebih lambat dalam mengeluarkan inovasi dan variasi terbarunya.
Pengertian Variabel Yang Akan Digunakan :
1.
Persepsi harga
Persepsi harga adalah kesesuaian antara harga
dengan kualitas produk maupun perbandingannya dengan pasta gigi Formula. Hasil
perbandingan tersebut bisa dilihat dari harganya yang relatif hampir sama dan
komposisi bahan yang dibuat.
2.
Persepsi produk
Persepsi produk adalah persepsi yang
diberikan oleh konsumen mengenai karakteristik pasta gigi, meliputi aroma,
manfaat maupun hasil pemakaian.
3.
Persepsi iklan
Persepsi iklan adalah persepsi yang diberikan
konsumen tentang cara produk mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli
produk melalui pesan iklan, bintang iklan, maupun tema iklan. Iklan yang
dipilih adalah iklan pasta gigi
4.
Saluran distribusi
Saluran distribusi dalam penelitian ini tidak
dimunculkan karena pasta gigi Pepsodent mudah diperoleh melalui pasar, warung,
toko, dan supermarket.
Di
samping mengembangkan produk content sebagai bagian produk life cycle strategi,
juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan
merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya yakni dewasa dan
anak-anak. Kemasannya di buat dari plastik lentur dan tutup yang lebih adaptif
setelah sebelumnya dari aluminium dan tutup lepas.Rasanya dibagi sesuai dengan
cita rasa buah-buahan atau rasa mint.
Manfaat Pemberian Merk :
1.
Memudahkan penjual memproses pesanan dan
menelusuri masalah terhadap suatu produk.
2.
Memberikan perlindungan hokum atas suatu
produk
3.
Memberikan kesempatan (menarik pelanggan
setia)
4.
Membantu penjual dalam melakukan segmentasi
pasar
5.
Membangun citra perusahaan dan memudahkan
perusahaan untuk meluncurkan merk baru.
Saya pelanggan dan pengguna pasta gigi Pepsodent....baru baru ini saya beli pepsoPeps ada kejanggalan dengan isi dari kemasan pasta gigi Pepsodent keras dan berisi air....tolong di respon barang kali ada barang yang palsu
BalasHapusTop 10 casino apps and free bonus codes for 2021 - Dr
BalasHapusYou can use 광주광역 출장마사지 your favorite casino app 경상북도 출장안마 to place bets, earn 당진 출장안마 your 보령 출장안마 rewards and earn a free casino welcome bonus. It's 김포 출장마사지 really fun and