UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 25 November 2013

IBD5 Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan

Manusia pada umumnya sangat menyukai keindahan. Keindahan adalah sesuatu yang enak untuk kita lihat. Keindahan dapat dirasakan oleh semua orang. Keindahan dapat memberikan kegembiraan hati. Jika kita melihat sesuatu yang baik dan enak untuk dipandang, maka itulah yang dinamakan keindahan. Dengan merasakan keindahan, timbullah rasa kepuasan dalam diri manusia, dan menyenangkan hati kita.
Keindahan berasal dari kata Indah, Keindahan itu sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Bagi manusia keindahan adalah suatu pandangan dimana suasana itu sangat baik dilihat dan begitu sangat nyaman. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan itu bermacam-macam seperti keindahan alam, seni, suasana, dan masih banyak lagi. Manusia menciptakan keindahan karena manusia menyukai hal-hal yang bagus. Keindahan itu datang dengan rasa kebaikan dari seseorang. Keindahan pun bisa diungkapan dengan sumber ekspresi manusia dengan cara mengaspresiasikan nilai-nilai bakat yang dimiliki seseorang.
Keindahan kadang bisa dibayangkan dengan renungan. Renung artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni karena rasa diam itu membuat kita menjadi sesuatu yang tidak menyenagkan Renungan adalah hasil merenung.
Keserasian sangat berhubungan dengan keindahan, sesuatu yang serasi akan tampak indah. Keserasian itu berarti cocok atau selaras. Keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan ukuran. Dalam keselarasan seseorang memiliki perasaan seimbang, dan mempunyai cita rasa akan sesuatu yang berakhir dan merasa hidup sesaat ditengah-tengah kesempurnaan yang menyenangkan hati . Keserasian merupakan keharmonisan,kesepadanan, keselarasan, kita perlu mengukuhkan semangat untuk menciptakannya, jadi keserasiankecocokan, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar