UNIVERSITAS GUNADARMA

Kamis, 18 Juni 2015

Let's Cooking! Donat Kentang

Let's Cooking! Donat Kentang

Pada saat itu saya bersama sahabat saya yang bernama Adilla (temen satu kelas di kampus juga) iseng-iseng untuk membuat donat, karena kesukaan kita tuh masak jadi coba-coba aja dulu. Memang dapur bukan tempat asing buat saya, karena sejak kecil juga saya sudah suka ikut bantu-bantu mamah di dapur (hanya menyalakan kompor atau melihat mama di dapur yang sedang memasak). Mama bukan termasuk wanita yang pandai memasak, tapi beliau selalu mengajarkan anak-anaknya untuk memperhatikan mama jika memasak.
Jumat (5 juni), saya mencoba membuat donat kentang.

Start..                                                   
Bahan yang dibutuhkan!
  1. 500 gram tepung terigu
  2. 50 gram susu bubuk
  3. 2 sendok fermipan
  4. 100 gram gula halus
  5. 75 gram mentega
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. 4 butir kuning telur
  8. 100 ml air dingin
Mari membuat! 
  1. Aduk terigu, mentega, kuning telor dan fermipan sampai halus.
  2. Masukkan air, uleni banting sampai kalis. Banting-banting.
  3. Diamkan +- 1 jam, sampai terlihat mengembang.
  4. Cetak, diamkan lagi +- ½ jam, Buat lubang kecil di tengah, lalu goreng dengan minyak panas dengan api sedang, hingga warna donat berubah menjadi kuning keemasan. Bisa menggunakan sumpit kayu untuk membuat lubah donat lebih besar.
  5. Setelah didiamkan lalu gorehlah.
  6. Sehabis di goreng berikan gula halus sesuai selera.

Ini foto-foto yang sudah di gabungin dari hasil saya dan temen saya membuat donat.



Karena adonan yang saya buat kurang kalis, jadi sebagian donatnya bantet dan pecah-pecah. 


Perlu diingat, sabar memang kunci utama dalam segala hal.
Tapi dari segi rasa, udah pas untuk lidah orang rumah loh…
Selamat mencoba, jangan lupa aduk adonan hingga kalis, jangan lupa untuk didimkan sehingga adonan dapat mengembang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar